Daftar Video Pembelajaran dan Solusi Singkat BIMBEL JAKARTA TIMUR

     

Daftar Video Pembelajaran dan Solusi Singkat BIMBEL JAKARTA TIMUR BJTV.eu
Daftar Video Pembelajaran dan Solusi Singkat BIMBEL JAKARTA TIMUR

Berisi Video-video yang membantu Pembelajaran dan Solusi Singkatnya ............. Semakin berkembangnya teknologi, kini media pembelajaranpun semakin berkembang. Siswa kini tidak hanya dapat belajar Matematika dan IPA secara konvensional di sekolah, tetapi juga banyak pilihan aplikasi dan media internet dalam belajar.

    Pembelajaran melalui video menjadi pilihan alternatif untuk membantu siswa lebih paham materi dan pilihan soal yang ingin dipelajari. Berikut adalah daftar video yang telah kami buat untuk alternatif pilihan belajar (Klik judul atau gambar untuk melihat).

I. Video-video Tentang Persamaan Kuadrat

Cara Cepat Pemfaktoran Persamaan Kuadrat ax² + bx + c

Persamaan Kuadrat, Matematika Kelas 9. Cara memmfaktorkan persamaan kuadrat bentuk ax2 + bx + c dengan cara yang praktis, cepat dan mudah tanpa penguraian yang panjang. Cara cepat ini dibuat oleh  @Bimbel Jakarta Timur  , belum tentu diajarkan di sekolah. Jadi sebaiknya gunakan cara cepat ini hanya untuk menjawab soal pilihan ganda, bukan soal uraian.


Menentukan Akar-akar Persamaan Kuadrat Dengan Cara Kuadrat Sempurna 

Materi Persamaan Kuadrat dan Fungsi Kuadrat, Matematika Kelas 9. 

Ada 3 cara dalam menentukan akar-akar persamaan kuadrat yaitu, pemfaktoran, melengkapkan kuadrat sempurna dan rumus abc. Dalam video ini akan dibahas langkah-langkah menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan kuadrat sempurna.


Menentukan Akar-akar Persamaan Kuadrat Menggunakan Rumus abc


Menyusun Persamaan Kuadrat Yang Diketahui Akar-akarnya


Cara Cepat Menentukan Persamaan Kuadrat Baru


Menentukan Jenis Akar-akar Persamaan Kuadrat


II. Video-Video Hitung Pecahan

III. Video-video IPA Kelas 8

Bahas Soal Usaha dan Daya |IPA Kelas 8

IPA Kelas 8, Usaha Dan Pesawat Sederhana. Menentukan pernyataan yang merupakan usaha dan bukan merupakan usaha. Menentukan besar usaha dari besarnya gaya dan perpindahan. Menentukan besarnya daya.


Bahas Soal Keuntungan Mekanis Pesawat Sederhana

IPA Kelas 8, Usaha Dan Pesawat Sederhana.Menghitung keuntungan mekanis pesawat sederhana dan gaya kuasa yang digunakan untuk memindahkan beban.




Materi Tekanan, IPA Kelas 8. Menghitung besarnya tekanan hidrostatis yang dirasakan ikan yang berenang pada suatu kedalaman akuarium.




Materi Gelombang, IPA Kelas 8 dan Fisika Kelas 11. Menghitung panjang gelombang, frekuensi, periode dan cepat rambat gelombang pada soal dua gabus di permukaan air.














lain-lain

Bahas Soal Logaritma bagian 1

Matematika Kelas 10. Logaritma adalah fungsi kebalikan dari eksponensial. Berikut beberapa contoh soal tentang logaritma dengan pembahasannya.


Bahas Soal Logaritma bagian 2

Matematika Kelas 10. Logaritma adalah fungsi kebalikan dari eksponensial. Berikut beberapa contoh soal tentang logaritma dengan pembahasannya.



Operasi Hitung Campuran Bilangan Pecahan

Materi Bilangan Pecahan Kelas 6 dan Kelas 7. Langkah-langkah menyelesaikan soal operasi hitung campuran pada bilangan pecahan.


Menentukan Koordinat Titik Berat Bidang Homogen 

Materi Kesetimbangan Benda Tegar, Fisika Kelas 11. Benda terdiri atas partikel-partikel yang masing-masing mempunyai berat. Titik tangkap dari gaya berat disebut titik berat. Untuk menentukan letak titik berat suatu benda digunakan rumus momen gaya.


Cara Periksa Nama Alkana Sesuai Aturan IUPAC

Materi Hidrokarbon, Kimia Kelas 11. Menguraikan struktur molekul dari nama alkanan yang diberikan dalam soal dan memeriksa kesalahannya lalu memberi nama yang tepat sesuai aturan atau tatanama IUPAC.


Contoh Soal Cerita FPB Dan KPK

Matematika Kelas 6 dan kelas 7. Materi bilangan bulat, Contoh soal cerita yang penyelesaiannya menggunakan FPB ataupun KPK dengan cirinya.


Menentukan Nilai Maksimum Dan Minimum Program Linear

Matematika Wajib Kelas 11, Bab Program Linear



Pecahan Yang Terletak Di Antara Dua Pecahan 

Matematika Kelas 7. Pada dua pecahan berbeda terdapat pecahan-pecahan lain di antara kedua pecahan dengan jumlah yang tak hingga. Cara menentukan pecahan yang berada di antara dua pecahan adalah dengan menyamakan penyebutnya lalu mengalikan dengan bilangan yang sama.


Contoh Soal Bilangan Bulat | Skor Ujian Dan Kompetisi

Matematika Kelas 6 dan 7. Contoh soal cerita pada materi bilangan bulat. Tipe soal tentang skor total yang didapat dari jawaban benar dan salah atau dari kemenangan dan kekalahan.


Contoh Soal Bilangan Bulat | Kenaikan dan Perubahan Suhu

Matematika Kelas 6 dan 7. Contoh soal cerita pada materi bilangan bulat. Tipe soal tentang suhu yang seringkali muncul dalam ujian. Pembahasan soal agar lebih paham untuk mengerjakan soal-soal dengan tipe yang sama.


Menghitung Banyak Himpunan Bagian Dengan Pola Segitiga Pascal

Matematika Kelas 7 Materi Himpunan dan Matematika Kelas 8 Pola Bilangan. Menentukan banyaknya himpunan bagian dari suatu himpunan yang diketahui jumlah anggotanya menggunakan cara cepat yaitu dengan segitiga Pascal


Menguraikan Perpangkatan Aljabar Menggunakan Segitiga Pascal

Matematika Kelas 8, Pola Bilangan. Untuk menguraikan bentuk perpangkatan aljabar, akan membutuhkan penjabaran yang panjang jika digunakan cara perkalian. Salah satu penggunaan pola bilangan Segitiga Pascal adalah untuk membantu menguraikan suku-suku hasil pemangkatan bentuk aljabar dengan cara yang cepat dan sistematis.


Cara Menghitung Perkalian dan Pembagian Pada Pecahan

Matematika Kelas 5, 6 dan 7. Cara menghitung perkalian dan pembagian pada pecahan dengan cara yang mudah. Mengalikan pecahan dapat menggunakan cara perkalian di awal dan penyederhanaan di akhir atau penyederhanaan di awal lalu perkalian di akhir. Pembagian pada pecahan dengan cara membalik pecahan pada pembagi dan mengubah tanda operasi pembagian menjadi perkalian.


Menentukan Sistem Pertidaksamaan Linear Dari Grafik Penyelesaian

Materi Program Linear, Matematika Wajib Kelas 11. Menentukan  sistem pertidaksamaan linear dari grafik himpunan penyelesaian. Menentukan persamaan garis yang membatasi grafik dengan rumus cepat berdasarkan titik potongnya terhadap sumbu x dan sumbu y, lalu menentukan tanda pertidaksamaan berdasarkan arah arsiran.




Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Faktorisasi Prima

Matematika Kelas 4, 5, 6 dan 7. Menentukan Faktor Persekutuan Terbesar dan Kelipatan Persekutuan Terkecil dengan menggunakan pohon faktor dan faktorisasi prima.


Faktor Prima Dan Faktorisasi Prima 

Matematika Kelas 4, 5, 6. Cara menentukan faktor prima dan faktorisasi prima menggunakan pohon faktor.


Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Biasa dan Pecahan Campuran 

Matematika Kelas 5. Contoh cara menjumlahkan pecahan serta pengurangan pada pecahan biasa dan pecahan campuran.


Menentukan Daerah Himpunan Penyelesaian Pertidaksamaan Linear Dengan Cara Daerah Bersih.

Materi Program Linear, Matematika Wajib Kelas 11. Menentukan daerah penyelesaian dari suatu sistem pertidaksamaan dapat dilakukan dengan cara daerah bersih. Cara ini adalah dengan mengarsir daerah yang bukan penyelesaian, sehingga daerah penyelesaiannya adalah daerah yg tidak terdapat arsiran dan lebih mudah menentukannya. 


Menentukan Perbandingan Fenotip F2 Pada Persilangan Monohibrida

Materi IPA Kelas 9, Biologi Kelas 12. Cara menentukan perbandingan genotip dan fenotip F2 pada contoh soal persilangan monohibrida. Mempelajari fenotip pada sifat dominan, resesif dan intermediet.



Cara Mudah Menghitung Nilai Notasi Sigma 

Materi Matematika Wajib Kelas 11. Cara-cara mudah dan cepat untuk menghitung nilai notasi sigma tanpa menguraikan deret bilangannya



MENGUBAH PECAHAN BIASA Menjadi Bentuk Pecahan Lainnya 

Materi Pecahan,  Matematika Kelas 4, Kelas 5, Kelas 6 dan Kelas 7. Cara mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan campuran, pecahan desimal dan persen. 


Bahas Soal TIU CPNS | Hitung Cepat Aljabar

Membahas contoh soal yang sering muncul dalam Tes Intelegensia Umum yang dapat diselesaikan dengan cepat enggunakan sifat dan rumus Aljabar. 




INDUKSI MATEMATIKA Pembuktian Deret Bilangan

Materi INDUKSI MATEMATIKA, Matematika Wajib Kelas 11. Membahas contoh soal Induksi Matematika pada deret aritmatika dan deret geometri. Langkah-langkah pembuktian kebenaran suatu pernyataan yang merupakan deret bilangan. 




Materi INDUKSI MATEMATIKA, Matematika Wajib Kelas 11. Membahas contoh soal Induksi Matematika pada pebuktian kelipatan atau habis dibagi. Langkah-langkah dalam membuktikan bahwa suatu pernyataan dalam n dapat habis dibagi suatu bilangan untuk setiap n bilangan bulat.




CONTOH SOAL Merasionalkan Bentuk Akar 

 Materi bilangan berpangkat dan bentuk akar, Matematika kelas 9 dan Matematika Wajib Kelas 10. Cara merasionalkan pecahan yang mempunyai penyebut dalam bentuk akar satu suku ataupun dua suku.




Barisan dan Deret Aritmatika

Materi Pola Bilangan Matematika Kelas 8, Barisan Dan Deret Matematika kelas 11. Menjelaskan tentang Barisan Aritmatika dan Deret Aritmatika. Besaran-besaran dalam barisan dan deret aritmatika. Rumus-rumus yang digunakan serta contoh soal dan pembahasannya.





Cara Cepat Menentukan 3 Bilangan Aritmatika Berurutan 

Materi Pola Bilangan, Matematika Kelas 8. Cara cepat dan mudah untuk menentukan tiga bilangan berurutan jika diketahui jumlah ketiga bilangannya. 3 bilangan yang berurutan dapat berupa bilangan bulat, bilangan genap ataupun bilangan ganjil yang dapat ditentukan selisihnya.




Materi Bilangan, matematika kelas 6 dan kelas 7. Aturan atau urutan pengerjaan dalam operasi hitung campuran. Contoh soal dan pembahasan





Materi bilangan bulat, Matematika kelas 
5, kelas 6 dan kelas 7. Sifat-sifat operasi hitung pada bilangan bulat. Penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.





Materi bilangan berpangkat dan bentuk akar, Matematika kelas 9 dan Matematika Wajib Kelas 10. Contoh soal perhitungan pada bilangan-bilangan bentuk akar.



Materi bilangan berpangkat dan bentuk akar, Matematika kelas 9 dan Matematika Wajib Kelas 10. Menjelaskan sifat-sifat bilangan berpangkat dengan contoh soal.





Materi Lingkaran, Matematika SD dan SMP. Menjelaskan bagian-bagian atau unsur-unsur lingkaran serta padanan katanya dalam Bahasa Inggris.





Materi Cahaya Dan Optik, Pengetahuan Umum. Menampilkan berbagai gambar menarik yang merupakan ilusi optik. Menunjukkan bagaimana kombinasi garis, bentuk dan warna dapat secara ajaib menipu penglihatan.




Materi Perbandingan, Tes Intelegensia Umum. Membahas soal-soal tentang perbandingan senilai, berbalik nilai dan lainnya yang merupakan tipe soal TIU.




Materi Garis dan Sudut, Matematika SD dan SMP. Sifat-sifat pergerakan jarum pendek dan jarum panjang pada sebuah jam. Menghitung besar sudut terkecil yang dibentuk oleh kedua jarum jam.







Materi Matematika SMU. Membahas contoh soal dalam bentuk koordinat, jurusan tiga angka dan sudut-sudut lalu menghitung panjang ataupun jarak yang ditanya berdasarkan uraian soal. Menyelesaikan menggunakan aturan sinus dan aturan cosinus.





Materi Umum dan UTBK. Beberapa jenis contoh soal dan pembahasan bahasa panda yang merupakan tes yang keluar dalam UTBK.








Materi Matematika SD, SMP dan SMU. Menentukan luas segitiga tumpul, sembarang, sama sisi ataupun sama kaki. Menggunakan aturan pythagoras ataupun rumus luas segitiga. 







Materi Matematika SMU. Menghitung luas segitiga yang diketahui panjang sisi dan besar sudutnya menggunakan aturan trigonometri.





Bola Berhimpit Tabung

Daftar Video Pembelajaran1
Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Membahas sifat-sifat bola yang berhimpit dengan tabung. Hubungan antara sataun-satuannya serta luas permukaan dan volumenya.


Daftar Video Pembelajaran 2
Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Membahas cara menghitung luas permukaan bandul yang terbuat dari gabungan kerucut dan belahan bola.







Daftar Video Pebelajarab 3
Materi kemagnetan, IPA Kelas 9. Menjelaskan hubungan antara arah arus listrik, medan magnet dan arah gaya Lorentz menggunakan Kaidah Tangan Kanan.






Daftar Video Pembelajaran 4
Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Menghitung luas permukaan kap lampu yang merupakan potongan selimut kerucut.








Daftar Video Pembelajaran 6
Materi Lingkaran, Matematika Kelas 6 dan Matematika Kelas 8. Menghitung luas daerah sebuah bangun datar yang merupakan gabungan dua tembereng.







Daftar Video Pembelajaran 7
Materi Lingkaran, Matematika Kelas 8. Contoh soal dan pembahasan perhitungan dalam sudut pusat dan sudut keliling.







Daftar Video Pembelajaran 8
Materi Lingkaran, Matematika Kelas 8. Menghitung luas dan keliling bangun datar yang merupakan potongan juring.








Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Menghitung volume dan luas permukaan limas yang mempunyai alas berbentuk segiempat.







Materi Lingkaran, Matematika Kelas 8. Penggunaan hukum pythagoras dalam menghitung selisih luas dua buah lingkaran yang sepusat.







Materi Kesebangunan. Contoh penggunaan rumus cepat dalam berbagai bentuk kesebangunan trapesium.







Materi Kesebangunan. Contoh penggunaan rumus cepat dalam berbagai bentuk segitiga siku-siku.








Materi Partikel Penyusun Benda, IPA Kelas 9. Mengenal notasi atom dan jumlah sub atom penyusun. Cara menulis notasi atom dan konfigurasi elektron. 







Materi Statistika Matematika SD, SMP dan SMU. Menghitung rata-rata dari gabungan beberapa kelompok. Selisih rata-rata dan perbandingan jumlah anggota kelompok.






Materi Statistika Matematika SD, SMP dan SMU. Menganalisa data pada diagram lingkaran. Menentukan jumlah atau nilai yang ada dalam diagram lingkaran.






Materi Cahaya dan Optik Kelas 8, Optika Geometri Kelas 11. Menentukan perbesaran mikroskop berdasarkan nilai perbesaran lensa obyektif, lensa okuler dan letak preparat.






Materi Matematika SD dan pengetahuan Umum. Cara cepat dan tepat menentukan nilai akar pangkat tiga.








Materi Matematika SD dan SMP. Cara mengubah pecahan berbeda bentuk ke bentuk yang sama dan mengurutkannya.







Materi Matematika Peminatan Kelas 11. Rumus cepat limit tak hingga dan penggunaannya dalam soal








Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Menghitung panjang jari-jari kerucut yang terbuat dari juring. Perbandingan panjang jari-jari juring dengan jari-jari kerucut.






Materi Matematika SD, SMP, SMU. Menghitung nilai akar pangkat dua dengan cara yang mudah dan cepat.








Materi Bunyi, IPA Kelas 8. Aplikasi rumus pemantulan bunyi. Cara mengukur kedalaman laut dan jarak dinding pemantul jika diketahui cepat rambat gelombang bunyi dan waktu yang ditempuh gelombang.




Materi Matematika Kelas 8, Kelas 11. Cara menentukan rumus suku ke-n barisan aritmatika tingkat dua.







Materi Kesebangunan. Foto ditempelkan pada bingkai karton. Menentukan ukuran foto atau karton jika foto dan karton sebangun.







Materi bilangan bulat SMP. Pembahasan soal tentang skor ujian yang diketahui skor setiap jawaban benar, salah atau tidak dijawab. Menyelesaikan dengan pendekatan substitusi dan eliminasi.






Materi Energi, IPA Kelas 8. Pengertian Energi potensial, energi kinetik dan energi mekanik. Penggunaan rumus dan hubungan antara ketiga energi berdasarkan hukum kekekalan energi mekanik.





Materi Lingkaran, Matematika kelas 6 dan Kelas 8. Menghitung keliling sebuah bangun datar yang merupakan potongan lingkaran, yaitu setengah lingkaran, seperempat lingkaran ataupun 3/4 lingkaran. 





Materi Bangun Datar, Matematika kelas 6. Menghitung luas bangun datar gabungan persegi dengan potongan lingkaran atau persegipanjang dengan potongan lingkaran.






Materi Getaran Dan Gelombang, IPA Kelas 8. Menghitung jumlah periode dan frekuensi dari pergerakan getaran bandul.







Materi Perbandingan, Matematika Kelas 7. Menghitung waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan jika dilakukan bersama-sama. Jika diketahui waktu yang dibutuhkan masing-masing untuk menyelesaikan sendiri.




Materi Turunan Fungsi Aljabar. Membahas sifat-sifat turunan fungsi aljabar dengan contoh soal.








Materi Bangun Ruang, Matematika kelas 6 dan kelas 8. menghitung luas permukaan bangun ruang yang merupakan bangun gabungan. Cara menghitung luas seluruh bidang yang nampak di permukaan. Cara menghitung luas permukaan dengan ruus praktis jika diketahui luas bidang himpit.


Materi Garis Singgung Lingkaran, Matematika kelas 8. Pengertian garis singgung lingkaran dan hubungannya dengan panjang jari-jari. menghitung besar sudut yang terbentuk dan panjang garis yang belum diketahui.





Materi Garis Singgung Lingkaran, Matematika kelas 8. Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dan panjang garis singgung persekutuan luar dua buah lingkaran.






Materi Gelombang, IPA Kelas 8 dan Fisika Kelas 11. menganalisa gambar gravik gelombang transversal. Menentukan Amplitudo, panjang gelombang, peride, frekuensi dan cepat rambat gelombang yang digambarkan dalam gravik gelombang transversal




Materi Statistika Matematika SD, SMP dan SMU. Menentukan nilai modus, median dan rata-rata dari nilia-nilai yang ditunjukkan pada diagram batang.







Materi Gelombang Bunyi, Fisika Kelas 11. Penggunaan sifat dan rumus efek doppler. Membahas soal yang berkaitan dengan efek doppler baik yang soal mudah maupun soal HOTS.






Materi Cahaya dan Optik Kelas 8, Optika Geometris kelas 11. Nilai-nilai dalam cerin cekung dan perhitungannya. menghitng letak bayangan dan analisa sifat bayangan berdasarkan letak ruang benda.





Materi Cahaya dan Optik Kelas 8, Optika Geometris kelas 11. Pengertian Miopi dan Hipermetropi serta kacamata yang digunakan. Rumus dan soal untuk menentukan kekuatan lensa yang dibutuhkan penderita miopi maupun hipermetropi.




Materi Segitiga dan Segiempat, matematika kelas 7. enghitung jumlah total segitiga atau segiempat yang membentuk suatu bangun datar. Perhitungan satu persatu dan menggunakan rumus cepat.





Demikian daftar video pembelajaran dan solusi singkat yang telah kami buat. Semoga dapat membantu siswa untuk lebih mengerti materi yang dipelajari. Insya Allah, kami akan terus menambah daftar video yang bermanfaat. 

Untuk mendapatkan up date video-video pembelajaran kami yang terbaru, anda bisa klik dan suscribe channel kami. Mohon kritik dan masukannya dalam kolom komentar agar channel kami semakin baik dan terus memberi manfaat. 











Bimbel Jakarta Timur

Saya Diah Kusumastuti. pemilik Bimbel Jakarta Timur., selain menjalankan Bimbel Jakarta Timur, saya adalah pecinta matematika, juga tertarik untuk ilmu pengetahuan lain seperti Fisika, Kimia, Biologi. Semakin kita belajar dan menggali ilmu semakin kita menyadari betapa luas ilmu Allah sekaligus membuat kita semakin ingin mengeksplor lebih banyak. Dengan blog ini saya ingin berbagi sedikit ilmu yang saya punya dan untuk terus membangkitkan semangat belajar para pembaca. Semoga apa yang saya tulis dalam blog ini dapat bermanfaat bagi yang membaca, juga menjadi tambahan ilmu dan amal jariah bagi saya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama