Tutorship Vista
Ilmu%20Pengetahuan

Manfaat Kembang Sepatu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990
Nama kembang sepatu diberikan karena bunga ini dahulu dipakai sebagai semir sepatu. Dibalik nama yang unik dan jenisnya yang banyak variasi bentuk dan warna, kembang sepatu ternyata memiliki banyak manfaat. Sayang rasanya jika tumbuhan yang banyak kita temui di sekitar kita tidak kita manfaatkan bukan? 




Manfaat kesehatan

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari kembang sepatu biasanya dengan cara mengeringkan bunga tersebut lalu dikonsumsi sebagai teh dalam kondisi panas ataupun dingin. Membuat teh ini sangat mudah, cukup taruh kembang sepatu kering di cangkir lalu tuang air mendidih diatasnya dan diamkan hingga larut. Rasanya agak masam, jadi bisa ditambahkan madu atau pemanis jika diinginkan. Teh kembang sepatu juga bebas kafein sehingga kamu tak perlu khawatir mendapatkan efek buruk kafein ketika mengkonsumsinya.

1. Kaya akan antioksidan 

Antioksidan adalah molekul yang dapat melawan senyawa radikal bebas. Kembang sepatu yang telah dibuat teh memiliki kandungan antioksidan yang kaya sehingga dapat membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh penumpukan radikal bebas seperti kanker dan penuaan dini. 

Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990


2. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Teh kembang sepatu dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. 

3. Menurunkan kadar lemak darah

Salah satu yang meningkatkan resiko penyakit jantung selain tekanan darah tinggi juga tingginya kadar lemak darah. Teh kembang sepatu dapat menurunkan kadar lemak darah tapi meningkatkan HDL (kolesterol baik).


Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990


4. Membantu dalam penurunan berat badan

Teh kembang sepatu dapat membantu penurunan berat badan dengan membatasi rasa lapar. Teh ini bisa menjadi alternatif minuman manis yang mengenyangkan. Teh kembang sepatu juga menghambat bahan kimia yang menyimpan karbohidrat. 

5. Memiliki kandungan zat anti kanker

Hibiscus kaya akan polifenol, senyawa yang telah terbukti memiliki sifat anti kanker. 

6. Membantu melawan bakteri merugikan

Bakteri adalah mikroorganisme bersel satu yang menyebabkan berbagai penyakit infeksi. Kembang sepatu dapat membantu melawan infeksi bakteri. 

7. Membantu pencernaan

Teh kembang sepatu berfungsi sebagai diuretik alami, mengeluarkan garam dari tubuh yang pada akhirnya mengurangi tekanan darah. 

8. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Teh kembang sepatu memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang telah kita ketahui bertanggungjawab menjaga sistem kekebalan tubuh kita.

Masih banyak manfaat kesehatan dari kembang sepatu yang telah diteliti dalam skala kecil. Akan tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui lebih pastinya. Selain itu penggunaannya untuk manfaat kesehatan juga perlu konsultasi kepada dokter. Ada efek samping yang perlu diperhatikan terutama bagi wanita hamil, orang yang memiliki alergi atau dalam pengobatan tertentu agar efeknya tidak bertentangan.

Manfaat kecantikan

Bunga cantik untuk kecantikan. Kandungan antioksidan dan beberapa zat lain membuat kembang sepatu mempunyai manfaat yang besar bagi kecantikan baik untuk kulit maupun rambut. Untuk perawatan rambut, kembang sepatu bisa digunakan sebagai sampo karena melepaskan zat pembersih alami seperti sabun yaitu saponin. 

1. Mengencangkan kulit

Kembang sepatu mempunyai aktivitas anti penuaan. Ia meningkatkan elastisitas kulit dan menghambat enzim elastase yang bertanggungjawab merusak elastisitas kulit. Kembang sepatu secara aktiv memberi efek anti penuaan dengan mengencangkan dan mengangkat kulit. 

2. Meratakan warna kulit

Salah satu tanda penuaan adalah pigmentasi atau timbulnya bintik-bintik penuaan. Hal ini bisa disebabkan produksi melanin berlebih, paparan radiasi ultraviolet maupun faktor keturunan. Kembang sepatu mempercepat pergantian sel, menghasilkan warna kulit yang lebih merata.

3. Efek kandungan antioksidan

Zat antioksidan dalam kembang sepatu adalah antosianida. Zat ini bukan hanya melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas tetapi juga mengurangi tampilan pori-pori besar. Selain itu juga mempunyai efek anti inflamasi dan menenangkan kulit yang meradang. 


Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990


4. Membuat kulit lebih glowing

Kembang sepatu mengandung asam uang membantu pengelupasan pada kulit. Kembang sepatu membantu kulit agar terlihat lebih segar, muda dan mulus. Kandungan asam ini menghancurkan kulit mati dan meningkatkan pergantian sel sehingga bahkan baik untuk merawat kulit berjerawat. 
Tidak seperti kandungan asam buatan yang dapat merusak kandungan minyak alami pada kulitmu, kembang sepatu membantu mengembalikan keseimbangan kulit sehingga terlihat lebih glowing.

5. Melembabkan kulit

Kamu tentu tahu bahwa kembang sepatu  memiliki lendir. Nah, lendir ini membantu penyimpanan air dan makanan menjadikannya pelembab kulit yang alami bagi kulit yang sensitif. Lendir ini mempunyai kemampuan menjaga kelembaban alami kulit sehingga membantu kulit tetap terhidrasi, lembut, kenyal, menjaga dari kekeringan dan kusam.

6. Melembutkan rambut

Kembang sepatu secara alami melembutkan rambut sehingga lebih berssinar dan sepeti sutra. Kembang sepatu membantu perawatan, pewarnaan dan penguatan rambut. Teh kembang sepatu digunakan saat pembilasan setelah menggunakan kondisoner.  

7. Menunda munculnya uban

Munculnya uban dini adalah salah satu masalah yang dialami banyak orang. Efek warna dari kembang sepatu dapat menutupi uban sehingga tidak muncul lebih cepat.

8. Menyuburkan rambut

Asam amino yang terkandung dalam kembang sepatu membantu produksi keratin yang merupakan zat yang utama dalam rambut. Hal ini membantu pertumbuhan helai rambut yang baru dan mempertahankan yang sudah ada. 

Ternyata banyak ya manfaat dari bunga cantik ini. Semoga apa yang kami tulis di artikel ini menambah pengetahuanmu dan semakin mencintai lingkungan, karna banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari lingkungan sekitar kita.



Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990
« PREV
NEXT »

Tidak ada komentar