KUIS MATEMATIKA

Bimbingan Belajar,Inspirasi,Ilmu Pengetahuan,
Kuis Matematika by Bimbel Jakarta Timur Bagi banyak orang, matematika adalah pelajaran yang sulit. Padahal dapat dibuat menyenangkan.  Yang kita butuhkan adalah melatih dan mengasah kemampuan kita dengan pertanyaan-pertanyaan yang ringan tapi menantang. Melatih kemampuan matematika bukan hanya perlu untuk anak-anak, tetapi juga orangtua yang mendampingi anak belajar juga masyarakat umum untuk melatih logika dan kemampuan berhitung. Nahhh coba tantang kemampuan matematika anda dengan soal-soal berikut


1. Hitunglah nilai jumlah dari ketiga boneka lucu ini


Anda bisa menghitung dengan cara mencari satu persatu nilai setiap bonekanya atau ada cara lain yang praktis. 

Boneka Lucu
Boneka Lucu


2. Hitunglah keliling bangun dibawah ini 

Ingat bahwa mencari keliling adalah mencari jumlah panjang sisi yang mengelilingi bangun.


Keliling Bangun
keliling bangun


3. Sebuah baju dijual seharga Rp. 64.000,- setelah mendapatkan diskon 20%. Berapakah harga baju tersebut sebelum didiskon?


Gunakan logika anda, karena kadang kita tidak harus terpaku pada rumus matematika. Dalam menghitung hal-hal pada kehidupan sehari-hari tentu akan merepotkan jika kita harus menghitung rumus.  

4. Berapakah nilai yang dicari pada gambar dibawah? 


bunga
berapa nilai yang dicari?




5. Kombinasi soal matematika dan fisika


Kota A dan kota B berjarak 135 km. Andi berkendara dari kota A menuju kota B dengan kecepatan rata2 40 km/jam, Budi berkendara dari kota B menuju kota A dengan kecepatan rata2 50 km/jam. Jika keduanya berangkat pada pukul 07.40, pada pukul berapa mereka akan bertemu?

6. Berapakah nilai perhitungan ini?


Jangan lupa cara perhitungan campuran


Berapa Nilai Perhitungan
berapa nilai perhitungan?




7. Bunda Vita menyimpan 350 gr gula pasir di dapur, ia ke pasar dan membeli 2 kg. Bunda Vita ingin membuat 2 loyang brownies yang untuk tiap loyangnya membutuhkan 2 ons gula pasir. Berapa gram sisa gula pasir yang dimiliki Bunda Vita?


8. Perhatikan gambar dibawah ini. Berapakah angka yang tepat untuk mengisi kotak di tengah?


angka yang tepat
angka yang tepat


9. Bu Sarah ke pasar setiap 8 hari sekali, Bu Rina ke pasar setiap 6 hari sekali. Pada tanggal 12 Maret, Bu Sarah dan Bu Rina bertemu di pasar. Pada tanggal berapakah keduanya dapat bertemu lagi di pasar?


10. Berapakah jumlah segiempat yang ada pada gambar dibawah ini?


jumlah persegi emap
jumlah persegi empat
Bimbel Jakarta Timur

Saya Diah Kusumastuti. pemilik Bimbel Jakarta Timur., selain menjalankan Bimbel Jakarta Timur, saya adalah pecinta matematika, juga tertarik untuk ilmu pengetahuan lain seperti Fisika, Kimia, Biologi. Semakin kita belajar dan menggali ilmu semakin kita menyadari betapa luas ilmu Allah sekaligus membuat kita semakin ingin mengeksplor lebih banyak. Dengan blog ini saya ingin berbagi sedikit ilmu yang saya punya dan untuk terus membangkitkan semangat belajar para pembaca. Semoga apa yang saya tulis dalam blog ini dapat bermanfaat bagi yang membaca, juga menjadi tambahan ilmu dan amal jariah bagi saya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama