7 Perawatan Sederhana Untuk Cegukan

Inspirasi,Ilmu Pengetahuan,



Dalam 7 Perawatan Sederhana Untuk Cegukan Bimbel Jakarta Timur akan menerangkan mengenai Kontraksi sadar dari diafragma, juga dikenal sebagai cegukan, merupakan situasi yang menjengkelkan. Suara 'hik' yang muncul setelah setiap kontraksi ketika pita suara tertutup secara tiba-tiba. Cegukan biasanya hilang sendiri, tapi kadang-kadang bertahan lebih dari batas kenyamanan.

cegukan


Hal umum yang dapat menyebabkan terjadinya cegukan adalah : 

- makan terlalu cepat

- makan atau minum berlebihan

- penyakit yang mengganggu saraf  yang mengontrol diafragma

- minuman bersoda

- minuman panas

- perut kembung 

 

Cegukan dapat dialami semua orang, segala usia termasuk bayi. Biasanya cegukan hanya terjadi beberapa menit saja tapi sering juga berlangsung lama hingga dirasa mengganggu. Ada berbagai perawatan alami yang dapat membantu pada saat Anda mengalami serangan cegukan yang tidak bisa dihentikan.

 

 1.Bernafas

Ini adalah obat yang paling penting dan efisien bagi manusia, sayangnya kebanyakan dari kita tidak tahu bagaimana menggunakannya. Cobalah untuk bernapas ke dalam kantong kertas. Tahan bagian terbuka pas ke mulut Anda dan bernapas lebih cepat dari yang biasanya Anda lakukan, masuk dan keluar, hingga 10 kali. Anda juga dapat mencoba untuk menahan napas 10 detik.

 

2. Manis atau asam

Menggigit lemon, minum satu sendok teh cuka, atau menelan sesendok gula dapat membantu meredakan cegukan. Reaksi tubuh terhadap tekstur granular dan kebutuhan menelan sering mengakibatkan penghentian cegukan dgn cepat.

 

3. Air

Obat klasik untuk cegukan adalah dengan perlahan-lahan minum segelas air hangat sambil menahan napas. Tindakan menelan yang lambat menenangkan tubuh dan membantu untuk mengatur kembali diafragma, sedangkan kenaikan karbon dioksida yang terjadi ketika pernafasan ditahan memberikan saluran kedua dari serangan.

 

4. Gunakan Tangan Anda

Tekan telapak tangan Anda dengan ibu jari tangan Anda yang lain - semakin keras, semakin baik. Atau, Anda dapat menekan bola dari ibu jari kiri Anda antara ibu jari dan jari telunjuk kanan. Ketidaknyamanan adalah gangguan yang mempengaruhi sistem saraf Anda dan dapat mengakhiri cegukan.

 

5. Tutup telinga Anda

Masukkan jari Anda di telinga Anda selama 20 sampai 30 detik. Atau tekan daerah lunak belakang telinga Anda, tepat di bawah dasar tulang tengkorak. Ini mengirimkan sinyal 'relaks' melalui saraf vagus, yang menghubungkan ke diafragma.

 

6. Menekan dada

Cobalah membungkuk ke arah depan hingga dada Anda terasa seperti tertekan. Atau bisa juga dengan cara menarik kedua lutut ke arah dada Anda. Tunggu beberapa saat hingga terasa nyaman dan serangan sudah berhenti.

 

7. Pengalihan mental dengan mengejutkan 

Jika anda melihat seseorang sedang mengalami cegukan, anda bisa membantu menghilangkan cegukan orang tersebut dengan cara mengejutkannya atau menakut-nakutinya. Tapi tentu saja, anda harus mempertimbangkan kondisi kesehatan jantung orang tersebut.

Untuk kasus cegukan yang disebabkan oleh gangguan medis tertentu maka diperlukan pengobatan khusus tergantung penyebab cegukan itu sendiri. jadi, jika cegukan dirasa berlangsung lama sebaiknya anda periksakan diri anda ke dokter. 

 

Bimbel Jakarta Timur

Saya Diah Kusumastuti. pemilik Bimbel Jakarta Timur., selain menjalankan Bimbel Jakarta Timur, saya adalah pecinta matematika, juga tertarik untuk ilmu pengetahuan lain seperti Fisika, Kimia, Biologi. Semakin kita belajar dan menggali ilmu semakin kita menyadari betapa luas ilmu Allah sekaligus membuat kita semakin ingin mengeksplor lebih banyak. Dengan blog ini saya ingin berbagi sedikit ilmu yang saya punya dan untuk terus membangkitkan semangat belajar para pembaca. Semoga apa yang saya tulis dalam blog ini dapat bermanfaat bagi yang membaca, juga menjadi tambahan ilmu dan amal jariah bagi saya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama