Soal Cerita SPLDV Tentang Umur

Bimbel Jakarta Timur
By -
0
Soal Cerita SPLDV Tentang Umur Bimbel Jakarta Timur BJTV.eu






Bimbel Jakarta Timur dalam video tentang Soal Cerita SPLDV Tentang Umur

Persamaan Linear yaitu persamaan yang jika digambarkan pada suatu diagram kartesius akan membentuk garis lurus. Ciri dari persamaan linear adalah variabelnya memiliki pangkat satu. Sistem Persamaan Linear Dua Variabel atau sering disingkat sebagai SPLDV terdiri dari dua persamaan yang masing-masingnya memiliki dua variabel dan dapat ditentukan penyelesaiannya dengan metode grafik, substitusi, eliminasi ataupun campuran.

Salah satu bentuk soal dalam materi SPLDV yang dipelajari pada materi Matematika Kelas 8 adalah aplikasinya dalam bentuk soal cerita. Bentuk soal yang sering diujikan adalah soal cerita tentang umur. Siswa kadang kesulitan menyelesaikan soal cerita tentang umur karena kesulitan mengubah kalimat dalam soal menjadi bentuk persamaan.


Langkah menyelesaikan SPLDV tentang umur:


1. Misalkan suatu variabel sebagai umur saat ini atau umur sekarang. Misal, umur karina sekarang dimisalkan dengan variabel K.

2. Buat pemisalan berdasarkan informasi dalam soal.

Contoh:

Umur Dita dua tahun yang lalu dimisalkan D – 2

Umur Ayah tiga tahun yang akan datang dimisalkan A + 3

3. Buat persamaan berdasarkan informasi dalam soal.

Contoh:

Dua tahun yang lalu umur Nina 3 kali umur Mirna

N – 2 = 3x (M – 2)

4. Selesaikan sistem persamaan yang terbentuk dalam metode yang paling mudah.


Contoh Soal Cerita SPLDV tentang umur:


1. Dua tahun yang lalu umur ayah 6 kali umur anaknya. Dalam 18 tahun mendatang, umur ayah menjadi 2 kali umur anaknya. Berapa umur mereka sekarang ?

2. Dua tahun lalu perbandingan umur Kirana dan Dita adalah 1:6. Jika jumlah umur mereka sekarang adalah 11 tahun, perbandingan umur Kirana dan Dita 5 tahun yang akan datang adalah…

Cek penyelesaiannya pada video berikut ya!







https://youtu.be/uR7jUIzOyb4

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

Support the Author!

Emergency broadcast: Author stranded in the land of writer's block. Supplies running low. Requesting immediate delivery of coffee and snacks to refuel creativity and conquer the mighty blank page!