Tutorship Vista
Ilmu%20Pengetahuan

Gif Hewan Dan Fakta Uniknya

Inspirasi,Ilmu Pengetahuan,
Banyak hal yang belum kita ketahui tentang hewan yang kita kenal bahkan ada fakta-fakta unik yang ternyata selama ini kita salah memahaminya. Yukkk kita simak beberapa di antaranya.


1. KUDA LAUT JANTAN MENGANDUNG DAN MELAHIRKAN



Hewan pada umumnya menghasilkan keturunan melalui induk betina. Namun, berbeda dengan kuda laut. Ia memiliki keunikan sendiri yang tidak sama dengan hewan dari keluarga pisces lainnya, bahkan mungkin satu-satunya di seluruh kerajaan animalia.

Keunikan tersebut yaitu kuda laut melakukan proses mengandung telur dan melahirkan oleh induk jantannya, wiii kok bisa begitu ya?
Kuda laut jantan memang mengandung telur dan melahirkan bayi-bayi kuda laut, namun pada dasarnya telur-telurnya tetap dihasilkan oleh kuda laut betina.

Kuda laut jantan memiliki kantong perut untuk menyimpan telur-telur yang diletakkan oleh kuda laut betina. Nah, pada saat telur-telur sampai di kantong perut ini, lapisan dalam kantung perut akan dipenuhi oleh pembuluh darah lalu kuda laut jantan akan membuahi telur-telurnya menjadi embrio.
Selama 10 hingga 40 hari embrio-embrio kuda laut akan berkembang sampai menjadi bayi-bayi kuda laut tergantung spesiesnya.

Kemudian kuda laut jantan yang mengandung ini akan melahirkan bayi-bayinya, biasanya berjumlah ratusan bahkan sampai ribuan. Sebelum melahirkan bayi-bayinya, kuda laut jantan menyesuaikan kadar garam dalam kantong perut dengan air laut agar pada saat telur-telurnya menetas bayi-bayi kuda laut dapat menyesuaikan dengan lingkungan.



Bimbel Diah Jakarta Timur


2. WORTEL BUKAN MAKANAN UTAMA KELINCI


Selama ini kita selalu berpikir wortel identik dengan makanan kelinci. Bahkan wortel dianggap makanan utama untuk kelinci. Benarkah demikian?

Di alam liar aslinya kelinci tidak sering makan buah-buahan ataupun sayur-sayuran. Wortel, buah-buahan dan sayuran dimakan hanya dalam jumlah kecil dan hanya sekali-sekali saja. Bahkan karena kandungan gulanya, jika wortel dan sayuran diberikan dalam jumlah yang banyak malah berpengaruh yang tidak baik bagi kesehatan gigi dan perut mereka. 

Makanan yang baik untuk kelinci adalah jenis jerami dan rumput. Selain baik untuk kesehatan gigi dan lambung kelinci, memakan jerami juga memberikan aktivitas bagi kelinci untuk mencari makan dan merumput. 

Mengapa selama ini kita dibuat percaya bahwa wortel adalah makanan kelinci? Kelinci yang sangat terkenal dengan wortelnya adalah Bugs Bunny, ya tokoh kartun tersebut. Karena karakter kartun tersebut digambarkan menyukai wortel, membuat orang berpikir bahwa kelincipun menyukai wortel. 






3. ADAPTASI MATA UNTA

Unta adalah hewan yang unik. Untuk tinggal di tempat yang ekstrim seperti gurun pasir, unta memiliki banyak cara beradaptasi


Gurun pasir tentu saja adalah daerah yang dipenuhi dengan pasir. Angin berhembus dengan kencang menerbangkan pasir ke segala arah. Kondisi seperti ini tentu saja dapat menyulitkan pandangan.


Unta memiliki tiga kelopak mata. Dua di antara kelopak mata tersebut memiliki bulu mata yang panjang yang berfungsi untuk melindungi mata unta agar pasir gurun tidak banyak masuk ke mata. Kelopak yang satunya berbentuk tipis dan berfungsi sebagai pembersih. Kelopak mata ini sangat tipis sehingga ketika hari berangin dan kelopak mata itu tertutup, unta masih dapat melihat. 




4. BURUNG HANTU DAPAT MEMUTAR KEPALANYA SAMPAI 270O



Burung hantu adalah hewan yang terkenal dengan mata besarnya juga kemampuannya memutar kepalanya. Kok bisa ya kepalanya berputar sedemikian rupa? Padahal kalau manusia memutar kepala seperti itu bisa dipastikan aliran darah terhambat dan menyebabkan stroke.


Para ilmuan telah meneliti mengapa burung hantu bisa memutar kepalanya sedemikian rupa tanpa menyebabkan kerusakan fisik. Mereka menemukan bahwa burung hantu memiliki struktur tulang dan pembuluh darah yang unik yang menghubungkan leher dengan tulang kepalanya.

 Pembuluh darah burung hantu bisa membesar jika terjadi peningkatan aliran darah ke kepala mereka. Rongga leher burung hantu juga cukup besar sehingga memungkinkan pembuluh darahnya mengembang. Ini menyebabkan burung hantu tetap punya pasokan darah di kepala mereka meskipun ketika memutar.

Untuk apa burung hantu memutar kepalanya seperti itu? Mata burung hantu yang besar hanya bisa memandang pada posisi tertentu. Burung hantu yang berburu di malam hari membutuhkan untuk dapat melihat dengan pandangan lebih luas. Dengan memutar kepalanya, ia tidak perlu mengubah posisi tubuh sehingga menghindari resiko terlihat oleh mangsanya.




« PREV
NEXT »

Tidak ada komentar