Kelinci Laut Yang Menggemaskan

Ilmu Pengetahuan,Inspirasi,
Dalam Kelinci Laut Yang Menggemaskan Bimbel Jakarta Timur akan menceritakan Kelinci-kelinci yang hidup didasar laut mereka lucu-lucu, menggemaskan dan patut disimak untuk menambah pengetahuan

Jorunna Parva

Hewan lucu dengan nama latin Jorunna Parva ini, sebenarnya sama sekali tidak mempunyai kekerabatan, dengan kelinci yang umumnya kita kenal. Ia termasuk hewan invertebrata dan sejenis siput laut. Penampakannya yang seperti berbulu halus dengan bentuk yang menyerupai ekor dan telinga panjang sangat mirip dengan kelinci. Spesies ini diberi nama oleh ilmuwan terkenal Jepang bernama Kikutaro Baba pada tahun 1934.





kelinci laut 2
kelinci laut 2

caryophyllidia

Panjang tubuhnya kurang lebih 2,5 cm dan dapat ditemukan di perairan Indo pasifik dari Afrika Selatan sampai Pasifik Tengah. Walaupun yang terkenal dari hewan ini adalah yang berwarna putih dengan bintik hitam, tapi sebenarnya yang umum adalah berwarna kuning atau oranye bahkan coklat gelap. Mantel bulu Jorunna parva adalah disebabkan kumpulan batang kecil, yang disebut caryophyllidia, yang menutupi punggung binatang itu. Mereka teratur di sekitar tombol-tombol kecil yang terkadang berwarna hitam, sehingga kelinci laut tampak seperti berbintik-bintik. Menurut seorang ahli siput laut di Universitas Politeknik Negeri California bintik-bintik itu kemungkinan mempunyai peran sensorik.


kelinci laut 3
kelinci laut 3

rhinophores

"Telinga" kelinci laut, atau dua struktur mirip antena di atas kepalanya, paling jelas merupakan organ sensorik. Disebut rhinophores, mereka mendeteksi bahan kimia di dalam air yang membantu kelinci laut menemukan makanan dan teman. Struktur di bagian belakang kelinci laut yang terlihat seperti "bunga" kecil adalah insangnya. 

kelinci laut 4
kelinci laut 4

Kelinci laut seperti juga kebanyakan jenis siput laut adalah hewan hermaprodit. Mereka memiliki organ reproduksi jantan maupun betina, dan ketika mereka kawin kedua organ saling bertukar sperma. Umur J. parva yang pendek yaitu sekitar beberapa bulan sampai setahun menjadikan setiap kesempatan mereka untuk menemukan pasangan adalah sangat penting. 

Untungnya, walau berumur pendek, mereka tidak perlu mengkhawatirkan predator karena mereka sangat beracun sehingga predator yang berani memakan mereka akan mengalami kesulitan sendiri. Mereka mendapatkan pertahanan beracunnya dari makanannya yaitu spons laut. Beberapa racun ini digunakan untuk pengobatan kanker pada manusia. Siput laut memiliki kemampuan untuk mencuri sengatan dari ubur-ubur untuk digunakan melawan predator.



merchandis kelinci laut
merchandise kelinci laut


Di Jepang sendiri jorunna parva banyak dibuat gambar kartun serta merchandise lucu seperti boneka ataupun aksesoris.
Sumber :

Bimbel Jakarta Timur

Saya Diah Kusumastuti. pemilik Bimbel Jakarta Timur., selain menjalankan Bimbel Jakarta Timur, saya adalah pecinta matematika, juga tertarik untuk ilmu pengetahuan lain seperti Fisika, Kimia, Biologi. Semakin kita belajar dan menggali ilmu semakin kita menyadari betapa luas ilmu Allah sekaligus membuat kita semakin ingin mengeksplor lebih banyak. Dengan blog ini saya ingin berbagi sedikit ilmu yang saya punya dan untuk terus membangkitkan semangat belajar para pembaca. Semoga apa yang saya tulis dalam blog ini dapat bermanfaat bagi yang membaca, juga menjadi tambahan ilmu dan amal jariah bagi saya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama